Mengenal dan Mengerti Keahlian Salesman Lebih Dekat Dan Mengapa Kamu Harus Menguasainya


Salesperson masih dianggap posisi rendahan dimata masyarakat bahkan pada saat ini. Sepertinya banyak usaha mikro, kecil, menengah sampai raksasa pengendali bisnis masih menganggap jabatan yang mudah digantikan. Ini terlihat dari mudahnya seseorang untuk menjadi seorang sales di beragam perusahaan dengan persyaratan sangat minimal.

Profesi yang kurang dihargai. Gaji kecil dan bahkan hampir tidak ada tunjangan yang memadai menjadikannya tidak berkelas. Semua lulusan terbaik mencari posisi dengan jabatan manajer sebuah perusahaan terkenal bahkan mereka rela menjadi staf kantoran jika memang sangat sulit untuk masuk ke jajaran elit disana.

Padahal jika kita perhatikan secara lebih detail. Setiap bisnis pasti gulung tikar jika tidak memiliki seorang salesman yang handal. Mereka adalah ujung tombak dari setiap usaha, mereka menjual produk yang membuat perusahaan bisa bertahan dalam setiap masa, bahkan menjadi raksasa penguasa suatu industri.

Mudah Bagi Salesman Membuka Bisnis Sendiri

Seorang penjual yang hebat mengerti tentang beragam hal yang dibutuhkan oleh calon konsumennya. Mereka mengerti tentang hukum supply and demand, dan mereka tahu cara berbicara sehingga mendapatkan kepercayaan dari setiap orang.

Bagi kamu yang ingin membuka usaha sendiri, hal pertama yang harus kamu kuasai adalah teknik menjual. Terserah apapun produk yang kamu miliki, kamu harus bisa menjualnya untuk membuat bisnis bisa berjalan. Tanpa keahlian ini, setiap usaha yang kamu lakukan akan sia-sia.

Tapi bukan berarti kamu harus bisa melakukannya sendiri, kadang memiliki mitra seorang salesman yang bisa diandalkan menjadi pilihan yang lebih mudah diraih.

Salesperson memiliki keahlian mendengarkan yang baik, dia bisa mengontrol pembicaraan dengan komunikasi verbal dan non-verbal yang dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, saat ini sering kali kita lihat mereka terlalu banyak bicara, sehingga mereka tidak tahu apa sebenarnya keinginan konsumen, tidak jarang juga mereka terkesan memaksa.

Berbeda dengan kebanyakan, salesman dengan profil elit berusaha membantu orang lain dengan cara menjual apa yang dibutuhkan orang tersebut. Hanya saja, sedikit sekali dari mereka yang berani untuk membuka usaha sendiri, mereka terlalu nyaman berada dalam genggaman perusahaan lain sebagai karyawan biasa.

Skill Sales Wajib Dikuasai

Setiap saat kita bertransaksi, perlu dipahami bahwa tidak setiap transaksi menggunakan mata uang. Pada saat melamar kerja, kamu bertransksi dengan seorang hrd yang ditunjuk oleh perusahaan. Berkomunikasi dengan orang yang kamu suka pun merupakan transaksi yang memiliki nilai berbeda.

Dengan keahlian sales kamu bisa mendapatkan transaksi yang lebih menguntungkan untukmu.

No comments:

Post a Comment

Tentang Deliciouslyknotty

Berawal dari kesulitan untuk bertahan hidup karena bisnis mentok tanpa penjualan dan membuat barang stok menumpuk sampai ke ruang tamu...